Tanya Veronika Asisten Virtual

@Telkomsel Inilah Informasi Tanya Veronika Asisten Virtual

Saya sudah lama jadi pelanggan Teklomsel, bahkan sejak pertama kali punya hape awal tahun 2000-an, kartu seluler Simpati sudah mengisi slot SIM di hape siemen A20. Masih teringat ucapan saat nelpon, tapi tidak dibalas “Nomor yang Anda tuju tidak menjawab“, atau “Nomor yang Anda tuju tidak dapat dihubungi mohon periksa kembali nomor tujuan Anda.”  Itulah suara VeroniCa (Voice Response and Info Care). Kini, lebih canggih lagi, bisa tanya Veronika asisten virtual Telkomsel.

Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel

Memangnya dulu tidak bisa tanya veronika asisten virtual Telkomsel ini? Bisa. Namun sebatas kirim SMS yang harus meng-input kode tertentu yang kemudian dibalas dengan SMS juga. Meskipun sekarang masih bisa digunakan, namun seiring maraknya aplikasi pesan instan di smartphone, maka Veronika semakin interaktif menyapa pelanggan.

Sekedar informasi awalnya VERONiCA (Voice Response and Info Care) merupakan nama mesin penjawab otomatis milik Telkomsel yang berfungsi saat setiap panggilan masuk tidak terjawab pada nomor tujuan atau informasi lainnya. Saat itu ponsel pintar masih belum hadir.

Namun seiring perkembangan ponsel pintar yang juga diikuti perkembangan aplikasi pesan instan, maka fungsi VERONiCA semakin ditingkatkan dan bertransformasi sebagai asisten virtual pada Agustus 2017. Agar lebih “manusiawi”, nama VERONiCA diganti menjadi VERONIKA. Peran chatbot Veronika bukan hanya sebagai mesin penjawab otomatis, namun juga menjadi chatbot layanan untuk Tanya Veronika Asisten Virtual yang dapat berinteraksi secara langsung melalui channel atau platform social chat 7 x 24 jam non stop.

Lantas, apa saja fungsi Veronika saat ini?

Fitur Tanya Veronika Asisten Virtual

Veronika saat ini dapat dikatakan sebagai GraPARI virtual Telkomsel. Pelanggan tidak perlu datang ke kantor layanan pelanggan Telkomsel atau yang lebih dikenal dengan GraPARI (Graha Pari Sraya) jika pelanggan ingin bertanya tentang layanan, produk dan informasi lain tentang Telkomsel.

Pelanggan bisa tanya Veronika Asisten Virtual kapan dan dimana saja dengan beberapa fitur yang dilayani, antara lain:

Yang pasti Menjawab pertanyaan secara otomatis

  • Pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan pelanggan (FAQ).
  • Pemecahan masalah sederhana secara otomatis.
  • Informasi cara update dan upgrade 4G serta Informasi voucher.

Layanan paket (Internet, Telepon dan SMS)

  • Informasi syarat dan ketentuan paket.
  • Informasi penawaran paket khusus.
  • Pembelian atau berlangganan paket.
  • Beli voucher game.

Melihat Profil Pengguna

  • Informasi langganan paket.
  • Informasi sisa kredit, riwayat pengisian pulsa dalam 3 periode terakhir, Informasi kuota internet aktif yang tersisa, jumlah tagihan saat ini dan penagihan bulan lalu yang tertunda.
  • Informasi PUK, PIN T-Care.
  • Informasi pembayaran riwayat tagihan, Kirim ulang e-Bill untuk 3 periode terakhir, Pendaftaran e-Bill dan perubahan alamat.

Layanan Bantuan lain

  • Informasi GraPARI terdekat, alamat dan jam operasional.
  • Pemesanan nomor antrian GraPARI.
  • Hubungi customer care live agent.
  • Video call untuk GraPARI virtual.
  • Informasi dan Penukaran atau Tukar Telkomsel POIN.
  • Informasi T-Cash Pelanggan.
  • Top-up Pulsa Prabayar.
  • Pembayaran Tagihan Pelanggan Pascabayar.

Bagaimana cara mengakses layanan Veronika ini?

Akses dan Cara Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel

@Telkomsel telah memberi kemudahan untuk mengakses Veronika. Jika awal peluncuran ada tiga channel yaitu Telegram, Line dan Facebook Massanger, kini ada 6 platform yang dapat digunakan pelanggan untuk tanya veronika asisten virtual Telkomsel.

Pengguna kartu seluler Telkomsel dapat memilih akses berdasarkan kebiasaan yang mudah atau sering digunakan yang mungkin itu bisa berbeda dengan pelanggan lainnya, antara lain:

1. Aplikasi WhatsApp

Pelanggan bisa tanya Veronika asisten virtual Telkomsel lewat pesan instan WhatsApp di nomor 0811-1111-1111. Cara mulai menyapa dengan kata “Hai” atau “Halo”. Veronika akan membalas dan menanyakan apa yang ingin ditanyakan. Bagi pelanggan Telkomsel pascabayar, Veronika juga bisa memberikan detail informasi mengenai tagihan yang belum terbayar, tanggal tenggat, hingga batas penggunaan.

2. Aplikasi Telegram

Telkomsel turut menghadirkan layanan Telkomsel Care melalui Telegram (@telkomsel_official_bot) karena aplikasi Telegram ini makin masif di gunakan di masyarakat dalam beberapa tahun terakhir. Cara menggunakan, saat berada di halaman Telegram Telkomsel Care tinggal tekan tombol “start” yang ada di bawah. Selanjutnya bisa ikuti langkah-langkah yang ditampilkan di layar.

3. Facebook Messenger

Veronika asisten virtual juga hadir di Facebook Messenger (Telkomsel) melalui aplikasi maupun website. Untuk memulai, sapa Veronika dengan kata “Hai” atau “Halo” dan sampaikan kebutuhan yang diinginkan. Ikuti langkah demi langkah yang disampaikan di kolom chat.

4. LINE

Menghubungi Veronika bisa melalui aplikasi pesan instan LINE (@Telkomsel). Langkah-langkah dalam berkomunikasi dengan Veronika melalui LINE kurang lebih sama persis dengan langkah WhatsApp, Telegram, maupun Facebook Messenger. Kamu dapat menyampaikan kebutuhanmu dengan Veronika melalui kolom chat.

5. Aplikasi MyTelkomsel

Aplikasi self-service Telkomsel ini juga dilengkapi dengan fitur asisten virtual, Veronika. Untuk dapat melakukan percakapan dengan Veronika, yang harus dilakukan adalah pilih “Menu” yang ada di kolom bawah. Setelah itu klik menu “Help Center”, pilih “Chat with Veronika”, yang selanjutnya akan dibawa ke halaman chat.

Untuk memulai percakapan, kamu bisa ketik “Hai” atau “Halo”. Veronika akan menyapamu dan memberikan kata kunci untuk berbagai kebutuhan, seperti Isi Pulsa, Beli Paket, Kirim Hadiah, dan lainnya.

6. Situs Telkomsel

Cara mengakses asisten virtual Telkomsel berikutnya bisa dilakukan dengan membuka situs resmi Telkomsel. Asisten virtual ini bisa kamu akses di semua halaman situs resmi Telkomsel dengan mengklik ikon Veronika yang ada di pojok kanan bawah. Pada saat klik logo tersebut, akan langsung dibawa ke menu chat. Tapi, sebelumnya Veronika akan menyapa dan menanyakan nama. Selanjutnya tinggal ikuti langkah-langkah yang tertera di kolom chat.

Ilustrasi tanya ke Veronika Asisten Virtual dapat dilihat di video bawah ini

Frequently Asked Questions (FAQ) Veronika

Apa yang dimaksud dengan Veronika Asisten Virtual Telkomsel?

Asisten Virtual Telkomsel yang bernama Veronika ini merupakan layanan dukungan kepada pelanggan Telkomsel yang berbasis chatting atau obrolan untuk memudahkan pelanggan dalam membutuhkan informasi layanan, mengisi pulsa, bayar tagihan pulsa, cek kuota internet, tukar POIN atau mencari lokasi GraPARI Telkomsel.

Bagaimana cara mengakses Veronika Asisten Virtual Telkomsel?

Untuk mengakses atau tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel ini bisa diakses melalui channel atau platform resmi Telkomsel yaitu WhatsApp, Facebook Messenger, LINE, Telegram, MyTelkomsel yang bisa diunduh di Google Playstore untuk Android maupun App Store untuk IOS. Juga website resmi Telkomsel.

Kapan layanan Veronika Asisten Virtual Telkomsel dapat digunakan?

Layanan pelanggan Veronika ini bisa diakses dan digunakan 7 x 24 jam dengan menggunakan koneksi internet.

Bisakah Veronika membantu menemukan lokasi GraPARI terdekat?

Jika ingin bertemu langsung dengan customer service Telkomsel di GraPARI, Veronika akan men-share GraPARI terdekat dengan lokasi kamu. Ketik “GraPARI terdekat” pada obrolan, kemudian gunakan fitur share location untuk menemukan lokasi GraPARI.

Buat kamu yang mau dapat informasi lebih lanjut mengenai layanan pelanggan Telkomsel, ada beberapa channel yang bisa kamu akses juga selain layanan asisten virtual Veronika, yaitu dengan menghubungi call center 24 jam di 188, GraPARI terdekat, email [email protected].

PT Telekomunikasi Seluler (TELKOMSEL)

Kantor Pusat: Telkomsel Smart Office. Telkom Landmark Tower. Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 52. Jakarta Selatan 12710.

 

Informasi Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel

Blog Kang Andre

About the Author: Kang Andre

Cuma seorang amatir yang mencoba membuat blog untuk menulis online. Mana suka, suka-suka, suka mana. :)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *